Senin, 25 Januari 2016

Mudah Lelah Dan Lesu?! Apakah Itu Anemia

Mewaspadai Anemia Sejak Dini Pada Anak Anda

Anemia adalah kondisi dimana sel darah merah berkurang atau dibawah normal, hal ini biasanya terjadi karena seseorang sangat tidak seimbang mengenai gizi zat besi serta nutrisinya. anemia sering terjadi pada anak-anak, ibu hamil, wanita sedang masa kesuburan, dan wanita dengan haid yang berlebihan.

Beberapa Faktor Penyebab Anemia Yang Mungkin Bisa Terjadi

  1. Malanutrisi ini berhubungan dengan gizi yang seimbang, seseorang akan sangat beresiko terserang anemia jika dalam pola makan tidak bervariasi antara sayur dan buah-buahan, padahal ini sangat penting untuk memenuhi nutrisi serta zat besi yang cukup.
  2. Talasemia adalah penyakit genetik atau turunan yang menyebabkan penderitanya memiliki tingkat hemoglobin dan sel darah merah di bawah normal, hal ini akan terus turun temurun seseorang beresiko tinggi terserang anemia.
  3. Masa Kehamilan memerlukan zat besi serta nutrisi yang lebih banyak karena dalam masa tersebut ibu harus berbagi nutrisi dengan calon bayi yang sedang memerlukan gizi untuk pertumbuhan yang baik.
  4. Pasca melahirkan memiliki resiko sama mengidap anemia karena pada saat melahirkan akan terjadi pendarahan yang berlebihan yang bisa memicu anemia.
  5. Pendarahan menstruasi juga menjadi salah satu faktor resiko pemicu anemia karena wanita pada saat haid apalagi dengan kondisi yang berlebihan itu sangat beresiko.
  6. Kondisi medis seperti malabsorpi adalah kondisi dimana tubuh tidak bisa menyerap nutrisi termasuk zat besi pada makanan yang dicerna tubuh, penyebabnya adalah sebagai berikut:
    • Penderita penyakit celiac atau intoleransi terhadap gluten
    • Intoleransi usus terhadap bahan makanan tertentu seperti laktosa dalam susu
    • Penderita kolitis ulseratif
    • Pascaoperasi pengangkatan bagian lambung yang dikenal sebagai gastrektomi
Selain itu, mendonorkan darah dalam jumlah yang besar bisa menyebabkan anemia. Anemia juga bisa terjadi pada orang yang mimisan berlebihan atau sering, terutama pada orang lanjut usia, anemia bisa terjadi akibat gagal ginjal kronis, kanker perut, dan kanker usus besar.

Komplikasi Anemia Yang Harus Diwaspadi

  • Pada Anak-Anak
Anemia berkelanjutan pada anak-anak akan sangat berpengaruh pada perkembangan mental, intelektual dan kemampuan kognitif anak terhambat. Selain itu untuk energi atau fisik akan lemah dan berdampak buruk pada fungsi emosi dan sosial mereka.
  • Pada Ibu Hamil
Pada wanita hamil sangat berkaitan dengan resiko saat melahirkan karena bisa mengancam jiwa ibu dan bayinya.. Anemia pada wanita hamil patut diwaspadai juga bisa berakibat fatal. Anemia pada wanita hamil bisa mengakibatkan:
  1. Pertumbuhan bayi yang terhambat.
  2. Kelahiran bayi secara prematur.
  3. Bayi terlahir dengan berat badan rendah.
  4. Bayi menjadi lebih rentan terserang infeksi ketika lahir.
  5. Kematian bayi dalam kandungan bisa terjadi pada kondisi anemia yang parah.
  • Pada Orang Dewasa
Berakibat pada kondisi fisiknya dengan tingkat produktivitas kesehariannya yang terus menurun karena kondisi tubuh yang mudah lelah lesu dan lemas, anemia yang berkelanjutan bisa mengakibatkan kerusakan pada berbagai organ seperti ginjal (gagal ginjal, ginjal akut), jantung (lemah jantung, klep jantung, serangan jantung) dan paru-paru (asma, radang paru-paru basah, ispa). Penyakit jantung juga bisa meningkat parah dan gagal jantung bisa terjadi.

Kenali Mengenai Gejala Ciri Ciri Penyakit Anemia Sejak Dini Dan Cegah

  1. Akan sangat lelah, lesu dan lemas
  2. Hilangnya nafsu makan yang berkepanjangan
  3. Sesak napas, Muka pucat, Pusing dan sakit kepala
  4. Terasa dingin pada tangan dan kaki
  5. Selalu kesemutan pada kaki
  6. Terasa sakit pada lidah dan seperti membengkak
  7. Nyeri pada dada, Kuku rapuh dan mudah patah
  8. Kerontokan pada rambut
  9. Mengalami cemas dan jantung berdebar.
Diagnosa sejak dini tentu sangat bagus untuk kita mencegah bahaya penyakit anemia, jika terjadi beberapa gejala ciri ciri penyakit anemia diatas sebaiknya periksakan diri dan lakukan tes darah.

Makanan Yang Baik Dikonsumsi Untuk Meningkatkan Zat Besi

  1. Hati ayam dan hati sapi. Daging merah tanpa lemak.
  2. Kacang-kacangan seperti kacang hitam, kacang hijau, kacang merah.
  3. Tahu dan tempe. Makanan laut atau boga bahari seperti tiram, kerang dan ikan.
  4. Sayuran hijau seperti bayam dan brokoli. Buah kering seperti kismis dan aprikot.
Untuk menu makanan kita variasikan sesuai keinginan kita untuk meningkatkan dan menyeimbangkan gizi dalam tubuh, cara ini selain untuk mencegah juga bisa dilakukan penderita anemia sebagai cara mengobati anemia secara alami.

Rekomendasi Pengobatan Anemia Yang Aman Dan Alami Dengan Ace Maxs

obat alternatif usus buntu

Informasi Lebih Lengkap Klik Dibawah Ini

!!!! >>>> Obat Alternatif Anemia  <<<< !!!!
  
Info Lebih Lanjut bisa hubungi Customer Service Kami

No. Hp : 0852-2182-6910


Perhatikan Asupa Gizi Terutama Zat Besi Untuk Menghindari Anemia


Share this article with your friends

0 komentar:

Poskan Komentar