Selasa, 02 Februari 2016

Nyeri Saat Buang Air Kecil? Waspada Batu Ginjal

Sakit Pinggang Ciri Penyakit Batu Ginjal?
Cegah Dari Sekarang!

Organ vital yang satu ini sama pentingnya seperti jantung, paru-paru, usus, dan hati. Ginjal adalah organ pencernaan tubuh sebagai filter yang berfungsi:
  1. Menyaring ampas metabolisme tubuh, hasil sampingan, dan cairan berlebih dari darah.
  2. Menjaga keseimbangan kadar garam dan mineral dalam tubuh.
  3. Menghasilkan renin, yaitu enzim yang membantu mengatur tekanan darah.
  4. Menghasilkan senyawa aktif dari vitamin D untuk menjaga kesehatan tulang.
  5. Menghasilkan senyawa eritropoetin yang berfungsi menstimulasi produksi sel darah merah.
  6. Mengatur kadar senyawa kimia dalam tubuh yang akhirnya membantu jantung dan otot-otot bisa berfungsi dengan baik.
Jika ginjal mengalami gangguan ini akan berdampak buruk pada pencernaan anda seperti penumpukan sisa sisa metabolime tubuh yang nantinya akan terjadi pembengkakan pada bagian pergelangan kaki, serta mengalami gejala ciri ciri penyakit ginjal seperti muntah-muntah, merasa lemas sama dengan anemia atau liver, sesak napas seperti asma, jantung lemah, klep jantung, jantung berdebar, jantung bengkak, dan kurang tidur. Memang dari gejalanya mirip-mirip dengan masalah serius lainnya, maka dari itu segera lakukan pencegahan dan pengobatan dari sekarang

Hal ini tentu sangat tidak diinginkan oleh kita semua, penyakit ginjal tergolong pada salah satu penyakit berbahaya yang mana jika tidak ditangani, ginjal bisa berhenti berfungsi. Jika ginjal berhenti berfungsi, akibatnya bisa mematikan.

Mencegah Penyakit Batu Ginjal

Batu ginjal adalah terbentuknya batuan kecil dan keras dari penimbunan mineral dan garam pada salah satu atau kedua organ ginjal. Gejala batu ginjal tidak akan dirasakan oleh seseorang yang memilikinya selama batu masih di dalam ginjal atau batu ginjal yang terbentuk berukuran sangat kecil. Anda tidak akan merasakan rasa sakit saat buang air kecil.

Gejala batu ginjal baru akan terasa ketika batu berukuran lebih besar keluar dari ginjal menuju ke ureter dan menyebabkan terjadinya gesekan dengan dinding ureter. Akibat gesekan ini, dinding ureter mengalami iritasi atau bahkan luka dan akhirnya urine bisa bercampur darah. Berikut beberapa gejala awal ciri ciri penyakit batu ginjal yang terjadi:
  1. Rasa nyeri di perut bagian bawah dan punggung atau kolik renalis (nyeri kolik yang hebat) yang hilang-timbul.
  2. Nyeri di daerah antara tulang rusuk dan tulang pinggang, yang menjalar ke perut, daerah kemaluan dan paha sebelah dalam.
  3. Rasa mual dan muntah, perut menggelembung, demam, menggigil dan darah di dalam air kemih.
  4. Penderita mungkin menjadi sering berkemih, terutama ketika batu melewati ureter.
  5. Batu bisa menyebabkan infeksi saluran kemih. Jika batu menyumbat aliran kemih, bakteri akan terperangkap di dalam air kemih yang terkumpul diatas penyumbatan, sehingga terjadilah infeksi.
  6. Jika penyumbatan ini berlangsung lama, air kemih akan mengalir balik ke saluran di dalam ginjal, menyebabkan penekanan yang akan menggelembungkan ginjal (hidronefrosis) dan pada akhirnya bisa terjadi kerusakan oragan vital ginjal.
Untuk mendiagnosis kondisi ini, dokter akan menyarankan Anda melakukan beberapa tes. Tes urine akan diperlukan untuk memeriksa infeksi dan batuan yang terdapat di dalam urine. Tes darah juga akan dilakukan untuk memastikan ginjal Anda berfungsi dengan baik.

Untuk mengetahui lokasi pasti dari batu ginjal, dokter akan menyarankan beberapa tes pencitraan seperti CT scan, sinar X, dan USG.

Salah satu komplikasi paling umum dari batu ginjal adalah munculnya kembali kondisi ini di masa mendatang. Faktor risiko yang meningkatkan kambuhnya batu ginjal adalah:
  1. Kurang mengonsumsi serat.
  2. Hanya punya satu ginjal yang berfungsi.
  3. Terdapat riwayat keluarga dengan penyakit batu ginjal.
  4. Pernah dioperasi pada bagian sistem pencernaan.
  5. Terlalu sering mengonsumsi suplemen mengandung vitamin D dan kalsium.
Untuk mencegah dan mengobati batu ginjal secara alami tanpa operasi, Anda disarankan untuk minum air putih secukupnya. Cara ini bisa membantu mencegah dehidrasi dan juga mengencerkan urine. Selain itu, Anda sebaiknya membatasi konsumsi makanan, minuman, atau suplemen yang bisa meningkatkan risiko terbentuknya batu ginjal. Karena jika tidak segera di tangani dapat mengakibatkan ginjal akut, gagal ginjal kronis, gagal ginjal akut atau resiko penyakit ginjal lainnya.

Rekomendasi Terbaik Mengobati Infeksi Ginjal Secara Alami

obat alternatif Ginjal

Informasi Lebih Lengkap Klik Dibawah Ini

!!!! >>>> Obat Alternatif Batu Ginjal <<<< !!!!
  
Info Lebih Lanjut bisa hubungi Customer Service Kami

No. Hp : 0852-2182-6910


Kenali Gejala Batu Ginjal Dan Cegah Bahayanya


Share this article with your friends

0 komentar:

Poskan Komentar